Sabtu, 25 September 2010

MYOB



MENGENAL MYOB PREMIER

Perkembangan aplikasi komputer dewasa ini mengalami kemajuan yang begitu pesat. Komputer mampu membantu manusia di berbagai bidang pekerjaan karena memiliki kecepatan yang dibutuhkan dalam menyajikan informasi, ketelitian, setra keakuratan dalam memberikan solusi.
Dalam teknologi peranti  lunak, salah satu teknologi baru yang mulai banyak dimamfaatkan adalah MYOB. Menurut Feroza Ranti MYOB adalah software akutansi yang berfungsi membantu bagian keuangan dalam menyusun laporan keuangan, lengkap dengan pengendalian inventory, penjualan, pembelian, asset perusahaan bahkan tersedia lebih dari 150 jenis laporan keuangan yang tersimpan secara otomatis dan tersaji secara detail.
Dari beberapa buku sebagai acuan dapat disimpulkan secara umum pengertian MYOB adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integarated software). Dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia dan sekarang telah dikembangkan di beberapa negara lain seperti di Amerika, Kanada, Selandia Baru dan lainnya. Hingga kini telah diterbitkan MYOB Accounting, MYOB Premier dan MYOB Basic Bussinness, MYOB Accounting Plus dan MYOB Just Invoice dengan berbagai versi.


Beberapa kelebihan MYOB dibandingkan dengan software akuntansi lain:
A User Friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
A Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user
A Kemampuan explorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan
A Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi
A Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan
A Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik




FITUR YANG DISEDIAKAN OLEH MYOB

MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket. Beberapa modul (fitur) gabungan yang disediakan oleh MYOB yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Centre adalah sebagai berikut:



Ø  Accounts
Menyediakan fitur Accounts List, Record Journal Entry.
Ø  Banking
Menyediakan fitur Spend Money, Receive Money, Bank Register, Reconcile Account, Prepare Bank Deposit, Print cheque.
Ø  Sales
Menyediakan fitur Sales Register, Enter Sales, Receive Payment, Print Invoice.
Ø  Time Billing
Menyediakan fitur Activities List, Enter Activity Slip, Prepare Time Billing Invoice, Activity Log.
Ø  Purchases
Menyediakan fitur Purchase Register, Enter Purchase, Print Purchase Order.
Ø  Inventory
Meyediakam fitur Item Register, Item List, Set Item Prices, Count Inventory, Adjust Inventory, Transfer Inventory, Auto Build Inventory.
Ø  Card File
Meyediakan fitur Card List seperti Customer, Supplier, Employee, Personal.


OTOMATISASI SISTEM PENCATATAN

Semua form yang disediakan oleh MYOB sudah diotomatiskan dimana suatu angka dalam form tersebut ditransformulasikan ke sisi debit atau ke sisi kredit, kecuali untuk form Record Journal Entry. Setiap kelompok command centre akan bermuara ke dalam Transaction Journal, kecuali Card File. Semua form yang sudah diotomatisasi tersebut dihubungkan oleh account yang telah dipilih dan ditentukan di dalam isian form.



Misal:
Bagian penjualan cukup mengisikan formulir Sales Invoice. Yang perlu dimasukkan dalam form tersebut adalah informasi tentang pembeli (customer), tanggal, nomor invoice, sistem pengiriman barang, kode dan jenis barang, harga persatuan dan potongan yang mungkin diberikan. Setelah faktur tersebut dibuat (record) secara otomatis akan menambah piutang (data pembeli), mengurangi barang yang dijual dan lainnya.

PERSIAPAN DATA AWAL

Berikut beberapa data awal yang harus Anda sediakan sebelum bekerja dengan MYOB:
  1. Chart of Account
Pengkodean dan pengelompokan account disebut dengan Chart of Account. Susunlah Chart of Account sesuai dengan GAAP (General Accepted Accounting Principles)/Prinsip-prinsip Akuntansi yang diterima umum.
  1. Job List
Buatlah dan tetepkan Job (proyek) perusahaan Anda (jika ada)
  1. Card File
Catat dan kelompokkan data customer, supplier, employee dan personal
  1. Item List
Catat dan kelompokkan nama barang/jasa yang akan diperjualbelikan
  1. Linked Account
Tetapkan dan pilih Account yang akan dimasukkan ke dalam Linked Account
  1. Opening Balances
Masukkan saldo awal masing-masing account, customer, supplier, inventory dan job (jika ada). Cek kembali keseimbangan neraca Anda sebelum memasukkan transaksi.
  1. Gunakan menu Easy Setup Assistant untuk memandu Anda melakukan berbagai setup awal dengan tuntunan dari MYOB.



MEMBUAT DATA BARU

  1. Klik tombol start
  2. Pilih all program > MYOB Premier > 
  3. Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses :
    1. Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada
    2. Create, untuk membuat data perusahaan baru
    3. Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
    4. What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi  ini
    5. Exit, untuk mengakhiri program MYOB

  1. Setelah Anda membuka program MYOB klik pilihan Create New Company File.
  2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog New Company File. Form ini terbagi menjadi 6 bagian, yaitu: Introduction, Company Information, Accounting Information, Account List dan Company File
  3. Setelah muncul Assistant Introduction, klik tombol Next sehingga akan muncul kotak dialog Company Information untuk mengisikan data nama dan alamat perusahaan.
  4. Setelah itu klik Next untuk pengisian Accounting Information dimana ada 4 field yang harus diisi dengan fungsi masing-masing sebagai berikut:
§  Current Financial Year                    diisikan Tahun Tutup Buku
§  Last Month of Financial Year         pilihan Bulan Tutup Buku
§  Convertion Month                            pilihan Bulan Awal Buku
§  Number of Accounting Periods       pilihan jumlah periode setahun
  1. Berikutnya adalah Assistant untuk pengisian Account List. Ada tiga pilihan dalam pembuatan Account:
§  I Would like to start with one of the last provided by MYOB.
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk memilih salah satu type Account dari 105 jenis perusahaan yang telah disediakan oleh MYOB.
§  I Would like to import a list of accounts provide by my accountant after I’m done creating my company file
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengimpor daftar account yang telah ada setelah membuat file baru.
§  I Would like to build my own accounts list one I begin using MYOB.
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mendesain sendiri daftar account.
  1. Kedua pilihan di atas akan memunculkan Assistant berikutnya yang menginformasikan bahwa data Anda akan dibuatkan secara otomatis dengan nama direktori dan nama file yang telah dibuatkan oleh MYOB. Jika Anda ingin merubah nama file dan tempat folder sesuai yang Anda kehendaki maka klik tombol Change, lalu pilih folder direktori tempat data akan diletakkan, serta ketikkan nama file lalu klik Save.
  2. Selanjutnya komputer akan melakukan proses beberapa detik untuk membuat data baru tersebut. Hasil pembuatan file baru akan diinformasikan pada Assistant Conclution. Jika muncul kata Congratulations, berarti pembuatan file baru Anda telah berhasil. Akan ada dua tombol pilihan yang dapat dipilih:
·         Setup Assistant          :  adalah fitur yang membantu kita untuk mengendalikan beberapa fungsi contents pada command centre seperti customize, account, sales, purchase. Jika anda menginginkan beberapa perubahan cara kerja pada beberapa content tersebut, maka klik fungsi tersebut. Namun, fungsi yang lazim digunakan sudah sesuai dengan setup yang sudah aktif dan karenanya tidak perlu diubah lagi..
§  Command Centre     :  adalah pusat perintah semua content  (isi) yang disediakan oleh MYOB. Dalam hal ini adalah menu account, banking, sales, timebilling, purchase, inventory, dan cardfile.





LINKED ACCOUNT

Beberapa dari default account tidak dapat dihapus karena telah terhubung dengan account dan form yang lain (linked account), tetapi kita dapat menggantinya dengan nomor lain.
Ada 3 kelompok linked account yang harus diisi dan saling berhubungan yaitu:
  1. Linked Account yang diisi dari menu Setup
  2. Linked Account yang melekat pada Tax Codes
  3. Linked Account yang melekat pada Form Item List

Ø Linked Account yang terdiri dari menu Setup terdiri dari 3 Account. Anda dapat melihatnya dengan cara:

a.   Klik menu Setup, pilih Linked Accounts.

b.   Linked Accounts-Accounts & Banking Accounts
Ada 5 linked account dimana terdapat 2 account yang tidak dapat diganti di form ini sementara 3 account lainnya dapat diganti dengan account yang lain.
   Berikut penjelasan dan fungsi dari masing-masing account tersebut:
·         Equity Account for Current Earnings
Untuk menampung selisih Laba/Rugi yang dapat juga dinamakan sebagai Laba Rugi Tahun Berjalan.
·         Equity Account for Retained Earning
Untuk menampung laba/rugi pada tahun sebelumya yang tidak dibagi ke pemilik, dan telah dilakukan tutup buku tahunan.
·         Equity Account for Historical Balancing
Untuk menampung selisih saldo Debit dan Credit pada saat pengisian data awal.
·         Cheque Account for Undeposited Funds
Account ini untuk menampung penerimaan dari customer yang berbentuk giro belum jatuh tempo. Jadi sebelum dana/giro tersebut masih dalam masa kliring dimasukkan dalam account ini. Setelah cair baru dilakukan deposit ke bank yang bersangkutan.
                                               

c.   Linked Account-Sales Account
Terbagi menjadi 2 account yang harus diisi dan 4 pilihan account yang dapat        digunakan.
·         Assets Account for Tracking Receivables
Untuk menampung account Piutang Dagang (Buku Besar Umum Piutang Usaha/Piutang Dagang).
·         Cheque Account for Customer Receipts
Untuk menampung account kas/bank yang digunakan untuk menerima pembayaran dari customer.
·         Income Account for Freight
Untuk menampung account Pendapatan Angkut Penjualan yang diambil dari form Sales Invoice, jika option I charge freight on sales aktif.

·         Liability Account for Customer Deposits
Untuk menampung account Uang Muka Penjualan dari customer, jika option I track deposit collected from customer aktif
·         Expense or Cost of  Sales Account for Discounts
Untuk menampung account Potongan Penjualan yang akan diberikan pada customer, karena membayar hutang mereka pada masa termin potongan, jika option I give discounts for early payment diaktifkan.
·         Income Account for Late Charges
Untuk menampung account Pendapatan Denda/Bunga atas keterlambatan customer membayar hutangnya pada tanggal jatuh tempo, jika option I access charge for late payment diaktifkan.

d.   Linked Accounts-Purchases Accounts
Terbagi menjadi 2 Accounts yang harus diisi dan 4 option account yang dapat digunakan.
·         Liability Account for Tracking Payables
Untuk menampung account Hutang Dagang (Buku Besar Umum Hutang Usaha/Hutang Dagang)
·         Cheque Account for Paying Bills
Untuk menampung account kas/bank yang digunakan untuk membayar hutang pada supplier.
·         Expense for Cost of Sales Accont for Freight
Untuk menampung account Beban/Biaya Angkut yang diambil dari form Purchase Invoice, jika option I pay freight on purchases aktif.
·         Assets Account for Supplier Deposits
Untuk menampung account Uang Muka Pembelian yang dibayar pada supplier, jika option I track deposit paid to supplier diaktifkan.
·         Expense (or Contra) Account for Discounts
Untuk menampung account Potongan Pembelian yang akan diterima dari supplier karena kita membayar hutang pada masa termin potongan jika option I take discounts for early payment diaktifkan
·         Expense Account for Late Charge
Untuk menampung Beban Denda/Bunga atas keterlambatan kita membayar hutang pada tanggal jatuh tempo, jika option I access charge for late payment diaktifkan.

Ø Linked Account yang kedua adalah yang melekat pada isian Tax Code Information. Dalam setiap jenis Tax Codes yang ada selalu diisikan 2 jenis Accounts:

  1. Linked Account for Tax Collected
Account ini untuk menampung jumlah pajak yang terdapat pada faktur penjualan dan akan dimasukkan ke dalam Pajak Keluaran (VAT Out). Menurut Prinsip Akuntansi Indonesia tipe account ini adalah Current Liabilities.




  1. Linked Account for Tax Paid
Account ini untuk menampung jumlah pajak yang terdapat fakur pembelian dan akan dimasukkan ke dalam Pajak Masukan (VAT In). Menurut Prinsip Akuntansi Indonesia, tipe account ini adalah Current Assets. Jumlah pajak masukan pada akhir bulan dapat dilakukan pengkreditan dan dialokasikan ke dalam PPN Keluaran. Selisih antara PPN Masukan dan Keluaran tersebut nantinya akan menjadi Hutang Pajak atau Piutang Pajak.

  1. Linked Card for Tax Authority
Ini bukanlah linked account, tetapi linked account yang berlaku untuk card file (customer/supplier) tertentu saja.

Ø Linked Account yang ketiga adalah yang melekat pada isian Item Information. Dalam setiap item yang dibuat disediakan 3 option:
R I Buy This Item                       : Cost of Sales Account
R I Sell This Item                        : Income Account for Tracking Sales
R I Inventory This Item             : Assets Account for Item Inventory
a.    Cost of Sales Account (Harga Pokok Penjualan)
Account ini untuk menampung suatu item dijual kembali yang menimbulkan kerugian pada perusahaan karena berkurangnya persediaan. Account ini akan muncul jika option R I Inventory This Item diaktifkan.
b.    Expense Account for Tracking Cost
Account ini untuk menampung suatu item jika dibeli akan masuk  ke dalam account beban apa. Account ini akan muncul jika option R I Buy This Item diaktifkan.
c.    Income Account for Tracking Sales
Account ini untuk menampung suatu jumlah yang tertera pada Sales Invoice.
d.    Assets Account for Item Inventory
Account ini untuk menampung rekening persediaan barang yang akan mencatat jumlah barang dibeli dan jumlah barang  yang dikeluarkan pada saat dijual.

TAX CODES

Ada 2 istilah yang berlaku umum di Indonesia, yaitu:
1.    Pajak Masukan           
Pajak yang harus dibayar oleh pembeli. Jika pembeli tersebut akan menjual lagi, maka pajak yang telah dibayar dapat dikreditkan ke Pajak Keluarannya.
2.    Pajak Keluaran
Pajak yang harus dipungut oleh penjual dan nantinya harus disetorkan ke kas negara.

MYOB memberikan fasilitas perhitungan pajak secara otomatis untuk menghitung Pajak Masukan dan Keluaran atas faktur pembelian maupun penjualan. Sistem perhitungan pajak dibagi menjadi 2 yaitu:
R Tax Inclusive : Jumlah yang diisikan di dalam unit price adalah harga sudah       termasuk pajak dan sudah dipotong diskon (jika ada).
£ Tax Exlusive : Jumlah yang diisikan di dalam unit price adalah harga sebelum dikenai pajak dan belum dipotong diskon.

Membuat Kode Pajak
§  Klik menu list, tax code
§  Klik tombol new
§  Kemudian isi kode pajak PPn  pada kolom isian tax code
§  Kmudian tab, isi pajak pertambahan nilai pada description
§  Lalu pilih tipe pajak good & service tax dengan mengklik tombol pull down pada  tax type
§  Pada kolom isian Linked Account for Tax Collected klik tombol drop down pilih 2-2100 (Pajak Keluaran) pada kotak dialog select from list klik tombol use account dan 2-2200 (Pajak Masukan) pada kolom isian Linked Account for Tax Paid.
§  Pada linked card for Tax Authority masukan nomor pajak yang tercatat dalam kartu file pemasok atau dapat pula dikosongkan
§  Klik ok, close

Menghapus Kode pajak :
§  Sorot kode pajak yang akan dihapus.
§  Klik menu Edit (menu utama), lalu klik Delete Tax Code.
§  Hapus semua kode pajak kecuali 2 jenis yang tidak dapat dihapus yaitu kode GST dan N-T.
§  Setelah itu untuk membuat kode pajak lagi yang Anda inginkan dengan menekan tombol New, atau mengganti kode pajaknya (Edit).

ACCOUNT LIST

MYOB membagi klasifikasi account menjadi 8 kelompok. Masing-masing klasifikasi telah diberikan nomor default seperti berikut ini:
  • Assets                 Aktiva/Harta               diawali dengan nomor         1-xxxx
  • Liability              Hutang/Kewajiban      diawali dengan nomor         2-xxxx
  • Equity                Modal/Ekuitas             diawali dengan nomor         3-xxxx
  • Income               Pendapatan                 diawali dengan nomor         4-xxxx
  • Cost of Sales      HPP                             diawali dengan nomor         5-xxxx
  • Expense              Beban Usaha               diawali dengan nomor         6-xxxx
  • Other Income     Pendapatan Lain-lain  diawali dengan nomor         8-xxxx
  • Other Expense   Beban Lain-lain           diawali dengan nomor         9-xxxx

Account di dalam MYOB dapat disusun secara hierarkis, yaitu setiap account dapat dirinci lagi menjadi sub account dibawahnya. Nomor account dapat diisi maksimal 5 digit. Sedangkan untuk setiap account ada kemungkinan hirarkinya, yaitu sebagai account induk (header) atau sebagai account anak (detail).

CARD FILE

Card File di dalam MYOB merupakan kumpulan data Customer, Supplier, Employee dan Personal. Diantara 7 modul Command Centre hanya modul Card File yang tidak mempengaruhi posisi keuangan perusahaan.


CARD LIST

Terdiri dari 4 kelompok (Customer, Supplier, Employee dan Personal). Ada 2 kelompok yang mempunyai saldo (balance) yaitu kelompok supplier (Hutang Dagang) dan Customer (Piutang Dagang).

New – Card List – Customer

Card ini digunakan untuk mencatat data nama dan alamat customer (Pelanggan).
Ada 2 jenis Tipe Customer yaitu sebagai Individual atau Company. Berikut field-field yang perlu diisikan di form Customer:

Profile

Card Type                   :  Pilih tipe card (customer)
Designation                 :  Pilih tanda customer sebagai idividual atau company
Inactive Card              :  Aktifkan jika untuk sementara tidak dipakai.
Name                           :  Ketikkan nama customer (lengkap)
Code ID                      : Pilih lokasi alamat customer.
                                      Address 1 = default sebagai Bill to (alamat penagihan faktur)
                                      Address2 = default sebagai Ship to (alamat pengiriman barang)
                                      Address 3-5 = merupakan alamat alternatif lainnya.
Card Details

Area                            : Jika anda klik ganda field tersebut akan ditampilkan form yang menanyakan letak file (folder) dan file name yang berbentuk gambar (*BMP) yang merupakan Area (Map) lokasi customer berada.
Notes                           : Anda dapat mengisikan keterangan tentang gambar areanya.
Identifiers…                 : Anda dapat mengelompokkan customer tersebut akan
                                      dikelompokkan dalam daftar abjad mana (identitas).
Custom List #1            : MYOB memberikan fasilitas pembuatan field kosong untuk
                                      masing-masing card sebanyak 3 field name.
Custom List #2            : Disetiap field name yang dipilih Anda dapat isikan isi dari
                                      field tersebut.

Selling Details           

Sale Layout                 : Pilih salah satu dari 6 default tipe sales
Income Account          : Pilih salah satu account tipe revenue.
Salesperson                 : Pilih salesperson Anda yang menangani customer ini.
Sale Comment             : Pilih comment yang dibubuhkan di footer invoice.
Shipping Method         : Pilih jenis/metode pengiriman barang ke customer ini.
Customer Billing Rate : Jika melakukan time billing isikan tarif bill per satuan.
Credt limit                   : Isikan plafon (batasan atas) kredit yang mungkin dapat diberikan.
Available Credit          : Batasan kredit yang masih dapat digunakan.
Currently past due       : Disikan sebesar piutang yang telah lewat jatuh tempo.
Tax Code                     : Isikan default Tax Code pada saat membuat sales.
Freight Tax Code        : Isikan default untuk freight di sales.
Use Customer Tax Code         : Aktifkan jika customer tersebut kena pajak/sebaliknya.
Customer Term Information   :
A   Payment is due         : Jatuh tempo pembayaran dihitung setelah
A   Discount date           : Tanggal jatuh tempo dihitung sekian hari dari transaksi
                                           penjualan
A   Balance due date      : Tanggal jatuh tempo dihitung sekian hari setelah 
                                           payment is due
A   % Discount for         : % discount diberikan jika membayar sebelum  
         Early Payment         discount date

A   % Monthly Charge   : % denda jika terlambat bayar
                  for late payment
A   % volume discount   : % volume discount yang diberikan.

Payment Details

Bagian ini merupakan pilihan cara pembayaran yang sering digunakan oleh customer dalam membayar hutang-hutangnya. Ada beberapa pilihan yang telah disediakan seperti Cash, Master Card, Visa Card dan lainnya serta Anda masih dapat membuat cara pembayaran sendiri sesuai dengan kebijakan perusahaan Anda.
Jika pilihan Anda adalah selain Cash, akan ditanyakan informasi tentang Card (kartu) Customer seperti nomor kartu, nama yang tertera di kartu dan tanggal kadaluwarsa atas kartu tersebut.

Jobs

Akan menampilkan daftar Job yang berhubungan dengan customer tersebut. Hanya akan tampil jika customer tersebut dihubungkan (linked) dengan salah satu Job List yang ada. Yang ditampilkan dalam form ini adalah saldo suatu Job yang berhubungan dengan customer ini.

History

Bagian ini akan menampilkan daftar perubahan saldo rata-rata customer yang bersangkutan pada suatu bulan (yang lalu dan sekarang). Selain itu juga diberikan informasi tentang penjualan terakhir, pembayaran terakhir, rata-rata perputaran piutang dan invoice tertinggi serta saldo piutang tertinggi yang pernah ada.

JOB LIST
Jobs di dalam MYOB diartikan sebagai suatu bagian pekerjaan di dalam sebuah departemen. Dengan menggunakan fasilitas Job memungkinkan perusahaan untuk dapat melihat laporan laba rugi per masing-masing job (pekerjaan) selain dapat pula melihat laporan laba rugi secara keseluruhan.
Fungsi Jobs ini sangat tepat jika dipergunakan di perusahaan:
·      perusahaan konstruksi
·      perusahaan anak/cabang
·      perusahaan industri dengan sistem Harga Pokok Pesanan
·      perusahaan yang menjadikan setiap departemen sebagai Profit Centre.
ITEM LIST

Item list adalah kumpulan beberapa item yang nantinya akan diisikan pada saat membuat faktur baik di Sales maupun di Purchases. Anda dapat membuat Item List dari menu:
·      Menu Command Centre – Inventory – Item List, atau
·      Menu utama – List – Items

Ada beberapa kategori (pengelompokkan) item diantaranya:
  1. Item tersebut merupakan bagian dari Barang Dagang. Saat membuat item ini Anda harus mengaktifkan icon I Buy, I Sell dan I Inventory. Ciri item ini:
a. mempunyai harga pokok (cost) per unit
b. melekat pada account inventory
c. mempunyai satuan Qty (kuantitas)
  1. Item tersebut merupakan bagian dari Service (jasa) yang ditawarkan (dijual) pada customer. Item ini hanya dapat dijual saja dan tidak dapat dibeli. Saat membuat item ini Anda hanya mengaktifkan ikon I Sell This Item saja.
  2. Item tersebut merupakan bagian dari Perlengkapan/Beban Usaha. Jika item ini dibeli akan dimasukkan sebagai perlengkapan atau beban (expense) dan jika dijual biasanya dimasukkan ke kelompok Income atau Other Income. Aktifkan I Buy dan I Sell This Item saat membuat item jenis ini.

Persediaan Barang Dagang

Item Number               : Isikan kode barang (maksimal 30 karakter)
Name                           : Isikan nama barang (maksimal 30 karakter)
Qty On Hand              : Menunjukkan stock (qty) sampai dengan sekarang.
Current Value             : Menunjukkan nilai uang dari Qty yang ada sampai sekarang.
Average Cost               : Harga rata-rata per unit (Current value/Qty On Hand)
Inactive Item                : Jika diaktifkan maka tidak dapat digunakan untuk transaksi.
Copy From                  : Menyalin (menyamakan) beberapa default atas item tersebut
                                      dengan item yang lain.

Aktifkan ketiga field I Buy, I Sell dan I Inventory lalu isikan beberapa linked account yang berhubungan dengan item tersebut.
Setelah mengisikan form Profile, lalu geser ke tab form berikutnya untuk mengisikan informasi tentang pembelian (Buying Details) dan penjualan (Selling Details).

Last Purchase Price                               :  Harga beli terakhir (otomatis diisi)
Buying Units of Measure                        : Satuan pembelian dalam ukuran terkecil (pcs)
Number of Item per Buying Unit            :  Ukuran satuan terkecil ke ukuran Qty Item.
Tax Code When Bought                         :  Kode pajak saat dibeli barang tersebut.
Minimum Level for Restocking Alert      : Minimum Qty yang ada di gudang untuk informasi peringatan saat barangnya sudah mencapai sama/di bawah limit.
Primary Supplier to Reorder                  : Supplier pertama yang sering diminta order barang.
Supplier Item Number                            :  Nomor (kode) barang dari supplier
Default Reorder Quantity                       : Default setiap order pembelian berapa Qty-      nya.
Base Selling Price                                  : Isikan dasar perhitungan harga jual pada setiap customer.
Selling Unit of Measure                          :  Isikan satuan terkecil dalam Qty penjualan.
Number of Item per Buying Unit            :  Isikan satuan unit untuk menghitung Qty-nya
Tax Code When Sold                              :  Pilih jenis kode pajak saat dijual.
Inclusive/Exclusive                                 : Pilih harga yang ditetapkan di Base Selling Price di atas apakah sudah termasuk pajak (Inclusive) atau belum termasuk pajak (exclusive).
Calculate Sales Tax On                          : Pilih apakah PPN dihitung dari harga Base Selling Price atau dari Actual Selling Price (yang sebenarnya kita isi di dalam faktur invoice.
History                                                   : Otomotis diisikan oleh MYOB berdasarkan rekap transaksi untuk mengetahui perbandingan setiap periodenya.

AUTO BUILD
           
Form ini digunakan untuk jenis barang yang harus dirakit dulu sebelum dijual. Jadi jika Quantity barang tersebut di gudang tidak mencukupi dan Anda akan melakukan penjualan tersebut ada kemungkinan Anda untuk membuat (build) sendiri item tersebut dari beberapa part item lainnya.


PURCHASES





PURCHASE
Purcahse digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian seperti menentukan quota pembelian, membuat pesanan pembelian dan mencatatat retur pembelian. Dengan memamfaatkan modul purcahse perusahaan dapat memasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pesanan pembelian, menerima barang dagangan yang telah dipesan, memriksa barang yang dibeli agar sesuai spesifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu terhadap pemasok dan mengelola uatng usaha secara terperinci dan akurat.

Dalam purcahes terdiri dari

  1. Enter Purchase :

Dalam perusahaan menengah setiap ada pembelian harus diketahui dan disetujui oleh atasannya. Bagian pembelian sebelum melakukan order kepada supplier harus membuatkan order pembelian ke atasannya.permohonan tersebut belum tentu disetujui dengan beberapa pertimbangan yang diambil oleh atasannya. Tampilan Quote, Order dan Bill sama saja. Perbedaan yang mencolok adalah warna formnya.


Quote
Form ini berguna untuk membuat permohonan atas pembelian suatu barang (item). Dalam Quote ini tidak ada jurnal akuntansinya.


Received         : Qty barang yang akan dipesan.
Item Number   : masukkan kode barang yang akan dibeli.
Description      : secara otomatis langsung diisikan nama item yang bersangkutan.
Price                : ketikkan harga pesanan (jika ada).
Disc %             : ketikkan diskon yang mungkin didapat (jika ada).
Total                : otomatis dihitung dari (Received x Price – Disc %).
Job                   : isikan Job jika berhubungan dengan Job (proyek) tertentu.
Tax                  : Pilih/isikan kode pajak (jika item tersebut kena pajak pembelian).

Order

Enter order ada 2 kemungkinan terjadinya:
1.    Order yang dilakukan tanpa membuat Quote sebelumnya.
2.    Order yang dilakukan sudah dibuatkan Quote sebelumnya.

Bill

Enter Bills adalah kegiatan memasukkan tagihan yang diterima dari supplier ke hutang perusahaan. Ada 3 kemungkinan munculnya Bill dari supplier tersebut:
1.    Bill (Direct Purchases)
2.    Change from Quote to Bill
3.    Change from Orders to Bill


  1. Purchase Register     :

Purchase register digunakan untuk melihat semua transaksi pembelian yang telah dilakukan sebelumnya

Purchase register terdiri dari : quotes, orders, open bills, returns & debits, closed bills, recurring templates.

Purchase Return & Debit

MYOB tidak menyediakan form khusus untuk pengisian retur pembelian. Cara pengisiannya sama dengan pengisian Purchase biasa, hanya untuk kolom Received diisi dalam angka minus.
Setiap melakukan proses retur Anda harus melakukan 2 tahap, yaitu:
1.    mengurangkan invoice (Qty minus) di dalam form BILL.
2.    membebankan invoice yang minus tersebut ke invoice lainnya (Apply to Purchase) atau membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang tunai (Received Refund) sebagai pengembalian dana jika pembelian yang diretur tersebut asalnya adalah pembelian tunai.

Recurring

Adakalanya perusahaan selalu membeli jenis barang yang sama dengan Qty yang sama di tempat vendor yang sama pula. Kejadian itu bisa terjadi berkali-kali dalam waktu yang relatif sama. MYOB hampir menyediakan fasilitas Recurring ini di semua transaksi seperti pembelian, penjualan, pembayaran, penerimaan dan lainnya.
Contoh: Perusahaan dalam kegiatan sehari-hari menggunakan jasa penyewaan truk untuk mengangkut barang-barang yang dijual dan dibelinya. Kendaraan tersebut disewa dengan sistem pembayaran sebesar Rp 1000.000 setiap minggunya.

PAY BILLS

Ada beberapa kemungkinan dalam hal pembeyaran hutang:
    1. membayar hutang dengan pilihan langsung ke Cash/Transfer
    2. membayar hutang sebuah faktur lunas dengan mendapatkan potongan.
    3. membayar hutang karena terlambat sehingga diberikan finance charge.

Report-Purchase

Anda dapat melihat laporan-laporan yang berhubungan dengan aktivitas pembelian selama periode yang Anda inginkan dengan membukanya dari menu Report-Purchase.








SALES



Penjualan merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam suatu perusahaan karena hasil dari penjualan merupakan sumber kelangsungan usaha. Penjualan biasanya berpengaruh pada pendapatan kas jika dilakukan secara tunai, atau pada piutang usaha jika penjualn dilakukan secara kredit. Karena aktivitas yang berhubungan dengan penjualan ini sangat penting maka perusahaan harus mencatatnya dengan tepat dan akurat. Untuk mencatat semua aktivitas yang berhubungan dengan penjualan, anda dapat menggunakan modul sales pada MYOB Premier. Semua aktivitas penjualan yang dicatat dalam modul sales secara otomatis akan masuk dalam daftar jurnal transaksi
Semua yang ada di menu Purchases terdapat pula di menu Sales. Pada prinsipnya cara pengisian Sales sama dengan pengisian Purchase yaitu mulai terjadinya Quote Sales, Order Sales, Enter Sales, Receive Payment sampai dengan Transaction Journal. Yang berbeda adalah berada pada posisi yang berlawanan.











BANKING




SPEND MONEY

Spend Money diartikan sebagai transaksi yang bersifat mengeluarkan uang untuk keperluan usaha. Transaksi yang dicatat dalam menu ini seperti membeli perlengkapan (ATK), membayar biaya, mengeluarkan cek dari bank untuk keperluan intern maupun ekstern. Bisa disimpulkan Spend Money adalah pengeluaran uang selain untuk membayar hutang dagang. Jika untuk membayar hutang dagang maka akan dicatat di menu Purcahse-Pay Bills.

PRINT CHEQUE

Anda dapat membuat voucher pengeluaran dengan menu ini, atau dapat mencetak secara langsung dari komputer.

RECEIVE MONEY

Receive Money adalah kebalikan daripada Spend Money. Menu ini digunakan untuk mencatat jenis transaksi penerimaan kas/bank selain dari customer, seperti penerimaan pinjaman uang, pendapatan bunga dari bank, pengembalian pinjaman dari karyawan, penjualan aktiva selain inventory dan lainnya.

PREPARE BANK DEPOSIT

Menu ini adalah proses pencairan cek dan giro yang diterima dari customer atau card yang lainnya.

BANK REGISTER

Bank Register hampir sama dengan General Ledger. Perbedaan yang ditampilkan hanyalah account list dengan type Detail Cheque Account. Di dalam bank register Anda dapat melihat mutasi setiap bank sekaligus Anda juga langsung dapat memasukkan transaksi lewat menu tersebut.
Jika selama ini dibahas adalah selalu memasukkan transaksi dari modul masing-masing, hal itu dapat dilakukan lewat satu menu yaitu Bank Register ini. Anda dapat langsung melakukan proses Spend Money, Receive Money, Enter Sales, Receive Payment, Enter Purchase dan Pay Bill.

RECONCILE ACCOUNT

Reconcile Account berfungsi seperti kita melakukan rekonsiliasi bank secara manual.

REPORT BANKING

Segala transaksi yang Anda catat dari menu banking ini dapat dilihat pada laporan Banking.


TIME BILLING




ACTIVITIES LIST

Suatu daftar jasa/service yang akan dijual pada customer atau akan dipakai oleh perusahaan sendiri dengan  system perhitungan pembayaran per jam atau per satuan tertentu.

ENTER ACTIVITY SLIP

Anda dapat memberikan tagihan pada customer secara manual melalui modul Sales dengan pilihan layout Time Billing. Selain dengan cara manual tersebut anda juga dapat melakukan proses pembuatan Activity Slip, lalu mengumpulkannya menjadi Prepare Time Billing Invoice secara bersama-sama atau sendiri-sendiri.

PREPARE TIME BILLING INVOICE

Digunakan untuk proses pengambilan data dari Activity Slip, dipilih beberapa slip yang sudah selesai dikerjakan dan siap untuk dikirim tagihan (invoice).

ACTIVITY LOG

Form kumpulan dari Activity Slip yang menunjukkan suatu Activity Slip yang telah dilakukan dengan tampilan per Diary View atau Detail View.


INVENTORY



Persediaan merupakan bagian penting dalam suatu perusahaan. Dengan pengelolaan persediaan yang tepat dan akurat, perusahaan dapat dengan mudah mengecek barang-barang persediaan yang terjual. Perusahaan yang mengatur manajemen persediaanya dengan baik akan mudah memperoleh informasi persediaan yang masih ada, nilai nominal suatu barang dagangan beserta penyusutannya, menetapkan harga beli dan harga jual barang dagangan, menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi suatu kesatuan beserta harga yang telah ditetapkan


MYOB Premier dalam modul inventory pada command center dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Set Item Prices berfungsi unruk mengubah harga jual yang berlaku.

  • Transfer Inventory berfungsi mengijinkan perusahaan untuk menyimpan perpindahan barang dari bahan baku mentah ke barang jadi.


  • Items Register berfungsi mengijinkan perusahaan untuk melihat secara umum perubahan persediaan yang terjadi di perusahaan. Perusahaan dapat menelusuri semua transaksi persediaan barang, termasuk penyesuaian jurnal persediaan dan perpindahannya. Dari jurnal ini perusahaan dapat mengedit, menambah, atau menghapus masukan barang yang diperlukan.

  • Item List merupakan daftar singkat barang yang dibeli dan dijual perusahaan.


  • Adjust Inventory digunakan perusahaan untuk mengatur jumlah dan nilai dari item persediaan.

  • Transaction Journal merupakan transaksi jurnal dari modul persediaan yang terdiri atas catatan semua transaksi yang terjadi hingga penyesuaian persediaan, perpindahan persediaan, dan perakitan persediaan.


  • Count Inventory berfungsi mengijinkan perusahaan untuk memasukan persediaan yang tersedia saat ini.

  • Auto Build Inventory berfungsi mengijinkan perusahaan untuk mengkombinasikan atau merakit sejumlah item persediaan untuk membentuk item persediaan baru.  Auto Build Inventory akan otomatis menyesuaikan dari sub item menjadi kombinasi harganya menjadi sebuah item persediaan baru.


































CARD FILE





Adakalanya perusahaan harus berinteraksi dengan orang, karyawan, arau perusahaan lain. Dengan MYOB anda juga mampu memasukan dan melihat daftar perinciaan orang-orang atau perusahaan yang pernah berhubungan dengan bisnis perusahaan anda.
                                           
MYOB Premier mampu memasukan daftar nama pelanggan dan pemasok jika perusahaan bergerak dibidang perdagangan jasa ataupun barang. Hal ini untuk melihat sejauh mana hubungan kinerja perusahaan dengan relasi.

MYOB Premier dalam modul card file pada command center dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Contact Log berfungsi untuk membuka jendela view contact log, dimana perusahaan dapat melihat daftar ringkasan dari seluruh kontak yang pernah dilakukan perusahaan.

  • Cards List berfungsi untuk membuka jendela view card file, dimana perusahaan dapat membuat daftar nama orang atau perusahaan yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Dala jendela ini, perusahaan dapat melihat perician file kartu yang pernah dibuat perusahaan.
  • Print Mailing Labels berfungsi untuk membuka jendela form selection, dimana perusahaan dapat menetapkan dan mencetak mailing labels untuk individu atau perusahaan yang terdapat pada file kartu.

  • Create Personalised Letters berfungsi untuk membuka jendela form selection, dimana perusahaan dapat membuat sebuah file mail merge yang berisi informasi tentang individu atau perusahaan pada file kartu.


























                                                      









LATIHAN KASUS


PT. SOFTKEY INDONESIA Tbk, adalah perusahaan yang berlokasi di Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis Depok yang baru beroperasi tanggal 1 Januari 2008. Usahanya antara lain menjual berbagai jenis computer dan menjual jasa berupa training computer software. Penjualan computer dilakukan dalam bentuk paket maupun dalam bentuk komponen yang terpisah. Untuk penjualan dalam bentuk paket, terdiri dari satu unit monitor, satu unit CPU, satu unit harddisk, satu unit keyboard, dan satu unit mouse.
Walaupun perusahaan ini sudah memiliki customer dan supplier khusus yang transaksinya banyak dilakukan secara kredit, kadang-kadang perusahaan ini juga membeli dan menjual barang dagangan atau jasa secara kredit atau tunai secara langsung. Termin yang diberikan untuk penjualan kredit adalah 2/10, n/15; sedangkan untuk pembelian kredit berlaku termin 3/15, n/30. Pembeli akan mendapatkan denda (Finance charge) sebesar 5 % jika sampai tanggal jatuh tempo belum membayar hutangnya. Dengan adanya kemampuan teknologi computer, PT. SOFTKEY INDONESIA Tbk, ingin mengembangkan sistem akuntansinya dari system akuntansi manual ke akuntansi yang terkomputerisasi dengan menggunakan software MYOB Premier v8. Berikut ini adalah informasi yang berhasil dipersiapkan selama bulan Oktober 2008.










                                  ACCOUNT LIST        


Account Number
Account Name
Account Type
Type
1-0000
Aktiva
Asset
Header
1-0700
Aktiva Lancar
Asset
Header
1-1070
Kas
Asset
Header
1-1107
Kas Di Tangan
Other Asset
Detail
1-1120
Kas Di Bank
Asset
Header
1-1121
BCA *
Bank
Detail
1-1122
HSBC *
Bank
Detail
1-1123
Kas Belum Disetor *
Bank
Detail
1-1200
Piutang
Asset
Header
1-1207
Piutang Dagang *
Account Receivable
Detail
1-1220
Cadangan Kerugian Piutang
Other Asset
Detail
1-1300
Persediaan
Other Asset
Detail
1-2000
Aktiva Tetap
Asset
Header
1-2070
Mebel & Peralatan Kantor
Asset
Header
1-2107
HP Mebel & Peralatan Kantor
Other Asset
Detail
1-2120
Akm. Dep. Mebel & Peralatan Kantor
Other Asset
Detail
1-2200
Komputer
Asset
Header
1-2207
HP Komputer
Other Asset
Detail
1-2220
Akm. Dep. Komputer
Other Asset
Detail




2-0000
Utang
Liability
Header
2-0700
Utang Lancar
Liability
Header
2-1070
Utang dagang *
Account Payable
Detail
2-1200
Utang Bunga
 Other Liability
Detail
2-2000
Utang Pajak
Liability
Header
2-2070
Utang Pajak Keluaran
Other Liability
Detail
2-2200
Utang Pajak Masukan
Other Liability
Detail
2-3000
Utang Jangka Panjang
Liability
Header
2-3070
Utang Wesel
Other Liability
Detail




3-0000
Modal
Equity
Header
3-0700
Modal Tn. X
Equity
Detail
3-2000
Laba Ditahan *
Equity
Detail
3-3000
Laba Tahun Berjalan *
Equity
Detail
3-4000
Rekening Penyeimbang *
Equity
Detail




4-0000
Pendapatan
Income
Header
4-0700
Penjualan Komputer
Income
Header
4-1070
Komputer-Paket
Income
Detail
4-1200
Komputer Komponen
Income
Detail
4-2000
Pendapatan Jasa
Income
Header
4-2070
Jasa Training
Income
Detail
4-2200
Jasa Konsultan
Income
Detail
4-2300
Jasa Instalasi
Income
Detail




5-0000
Harga Pokok Penjualan
COGS
Header
5-0700
Barang Siap Dijual
COGS
Header
5-1070
HPP Komputer
COGS
Detail




6-0000
Biaya
Expense
Header
6-0700
Biaya Pemasaran
Expense
Header
6-1070
Biaya Iklan
Expense
Detail
6-2000
Biaya Administrasi & Umum
Expense
Header
6-2070
Biaya Listrik
Expense
Detail
6-2200
Biaya Telepon
Expense
Detail
6-2300
Biaya Sewa
Expense
Detail
6-2400
Biaya Perlengkapan
Expense
Detail
6-2500
Biaya Reparasi & Pemeliharaan
Expense
Detail
6-2600
Biaya Penyusutan
Expense
Detail
6-2700
Biaya Denda
Expense
Detail
6-3000
Biaya Gaji & Upah
Expense
Header
6-3001
Biaya Gaji
Expense
Detail




8-0000
Pendapatan Lain-Lain
Other income
Header
8-0700
Pendapatan Bunga
Other income
Detail
8-2000
Penjualan Aktiva Tetap
Other income
Detail




9-0000
Biaya Lain-Lain
Other expense
Header
9-0700
Biaya Bunga
Other expense
Detail
9-2000
Pajak Pendapatan
Other expense
Detail


CUSTOMER CARD

CODE
NAME/CONTACT
ADDRESS
PHONE
TAX
SALES
PERSON
TYPE
ACC
CREDIT
LIMIT
(Rp)
BALANCE

(Rp)
AD
AKIRA DATA
Nova Riana
Jl. Asem Baris Raya No. 1 Tebet Jakarta Selatan 12830
021-8317475
PPN
Nova
Open Invoice
9.900.000
11.000.000
SIC-0072
29/12/2008

AM
AXIS MEDIA
Ikhwan
Jl. Raya Jakarta Bogor Km. 12
021-7723654
PPN
Ikhwan
Open Invoice
9.900.000
0
GC
GRASFINDO COMPUTER
Mustika Sari
Jl. Tebet Barat IV
Jakarta Selatan
021-8302525
PPN
Mustika
Open Invoice
9.900.000
0
NS
NETFOCUS SOLUTION
Renny Tania
Jl. Moch. Kahfi II No. 31
 Srengseng Sawah Jakarta Selatan
021-7867533
PPN
Renny
Open Invoice
9.900.000
11.000.000
SIC-0079
29/12/2008
ON
OZONE NETWORK
Sastro Herbeth
Jl. Margonda Raya No.070
Depok
021-7734145
PPN
Sastro
Open Invoice
9.900.000
0


SUPPLIER CARD

CODE
NAME/CONTACT/ADDRESS
PHONE
TAX
SALES
PERSON
TYPE
ACC
CREDIT
LIMIT
(Rp)
BALANCE

(Rp)
DI
DRACO INTERNATIONAL
Risky Novita
Jl. Naga Raya No. 4 Jakarta
021- 8619649
PPN
Risky
Open Invoice
9.900.000
11.000.000
DI Inv. 019
03/09/2008
FC
FLAMAZE COMPUTINDO
Lidia Yulita
Jl. Raya Pasar Minggu Km. 2
021-7777777
PPN
Lidia
Open Invoice
9.900.000
22.000.000
FC Inv. 020
27/09/2008
JI
JAVA INSTRUMENT
Bernard
Jl. Mengkudu No. 20
021-7521307
PPN
Bernard
Open Invoice
9.900.000
0
LC
LIFE COMPUTER
Zulfahmi
Jl. Sukamaju Permai No. 6
021-77820061
PPN
Fahmi
Open Invoice
9.900.000
0
MT
MEDIASOFT TECHNOLOGI
Dewi
Jl. Mawar III No. 34
021-7355821
PPN
Dewi
Open Invoice
9.900.000
0
PS
PERMATA SOLUTION
Yudhi
Jl. Kagungan, Gg. Pesantren No. 5
021-7884141
PPN
Yudhi
Open Invoice
9.900.000
5.500.000
PS Inv. 021
29/09/2008


EMPLOYEE CARD

CODE
NAMA
ALAMAT
NO. TELEPON
E001
Amelia Purwanti
Jl. Raya Pasar Minggu No. 07 Jakarta Selatan
021 - 7712560
E002
Fitri Puspa
Jl. Raya Bogor Km. 12
Cibinong
021 - 8853621
E003
Nurdiana
Jl. Nusa Indah 1 Gg.3 No. 8 Perumnas Klender
021 - 8640007
E004
Sutini Cicie
Jl. Akses Kelapa Dua No. 46
Cimanggis
021 - 7253621
E005
Hendra Arie
Jl. Semangka Raya No. 58
 Taman Wisma Asri, Bekasi
021 - 8848436

ITEM LIST

Kode Barang
Keterangan
Kode
Supplier
Harga jual (Rp)
Harga Pokok (Rp)
Satuan
Unit Tersedia
Minimum
Reorder
ATHLON X2-DC
Athlon X2 5600-Dual Core
S-PI
1.736.000
1.506.000
Paket
10
10
20
E 6320 I-C2D
E 6320 Intel-Core2duo

S-CS

1.850.000
1.676.000
Paket
10
10
20
ASUS P5B-VM
Motherboard Asus
P5B-VM DO

S-MI
1.706.000
1.516.000
Unit
10
10
20
ECS KN3-SLI2
Motherboard ECSKN3
SLI2-PCI EX
S-MC
1.225.000
1.142.000
Unit
10
10
20
VISRO 2G PC-5300
DDR2 Visipro 2Gb
PC-5300
S-DS
1.015.000
904.000
Unit
10
10
20
V GEN 1G PC-4200
DDR2 V-Gen 1 Gb
PC -4200
S-CH
595.000
410.000
Unit
10
10
20
KONSUL
Konsultasi Masalah Komputer

75.000
-
Jam
-
-
-
INSTALL
Instalasi Jaringan


150.000
-
Jam
-
-
-
SEAGATE 160 G
Hardisk Seagate 160Gb SATA II
S-PI
695.000
537.000
Unit
10
10
20
MAXTOR 160 G
Hardisk Maxtor 160Gb SATA II
S-CS
645.000
551.000
Unit
10
10
20
VGA AS-EN72
VGA Asus EN7200
256 Mb
S-MI
570.000
449.000
Unit
10
10
20
VGA GF-84
VGA Geforce 8400
256 Mb
S-MC
705.000
584.000
Unit
10
10
20
DVDRW-16
DVD RW 16x Samsung

S-DS
450.000
350.000
Unit
10
10
20
COMBO S-52x
Combo Sony (EOM)Black

S-CH
380.000
240.000
Unit
10
10
20
ACBEL-P5/450
Power Supply ACBEL 450 Watt
S-PI
650.000
417.000
Unit
10
10
20
FDD-144
Teach 1.44 Floppy Drive
S-CS
55.000
35.000
Unit
10
10
20
KEYBOARD
Keyboard PS/2 Standart

S-MI
25.000
19.000
Unit
10
10
20
MOUSE
Mouse Genius PS/2

S-MC
40.000
30.000
Unit
10
10
20
LCD CV 15”
Monitor LCD Caviar 15”
S-DS
1.925.000
1.474.000
Unit
10
10
20
LCD LG 17”
 Monitor LCD LG 17”

S-CH
2.210.000
1.705.000
Unit
10
10
20
SIM COOL-450
Casing SIM Cool
450 Watt
S-PI
175.000
137.000
Unit
10
10
20
SIMBADA SX-380
 Casing Simbada SX
380 Watt
S-CS
250.000
210.000
Unit
10
10
20
SIMBADA SPK - 66
Speaker Simbada
CST-6700
S-MI
450.000
375.000
Unit
10
10
20
ALTEC SPK - 23
Speaker Altec VS-23
S-MC
575.000
499.000
Unit
10
10
20
P5 AMD
Pentium  5 AMD
 Dual Core

S-DS
5.100.000
4.766.000
Paket
10
10
20
P 5 Core2Duo
Pentium 5 Intel
Core2Duo
S-CH
5.900.000
5.500.000
Paket
10
10
20


ITEM LIST (Paket dan Komponennya)

KODE PAKET
KODE KOMPONEN
P 5 AMD
·         ATHLON X2-DC
·         ECS KN-SLI2
·         V GEN 1G PC-4200
·         MAXTOR 160 G
·         VGA GF-84
·         COMBO S-52x
·         FDD-144
·         KEYBOARD
·         MOUSE
·         SIMBADA SX-380
P 5 Core2Duo
·         E 6320 I-C2D
·         ASUS P5B-VM
·         VISIPRO 2G PC-5300
·         SEAGATE 160 G
·         VGA AS-EN72
·         DVDRW-16
·         FDD-144
·         KEYBOARD
·         MOUSE
·         SIM COOL-450



OPENING BALANCE


ACCOUNT NAME
DEBIT ( Rp )
CREDIT (Rp)

ASSETS :

KAS DI TANGAN                                                                
BCA
HSBC
PIUTANG DAGANG
CAD. KERUGIAN PIUTANG
PERSEDIAAN
HP MEBEL & PERALATAN KANTOR
AKM. DEP. MEBEL & PERALATAN KANTOR
HP KOMPUTER
AKM. DEP. KOMPUTER                              

LIABILITIES :

UTANG DAGANG
UTANG BUNGA
UTANG PAJAK KELUARAN
UTANG PAJAK MASUKAN
UTANG WESEL

EQUITY :

MODAL Tn. X
LABA DITAHAN




18.500.000
132.000.000
135.000.000
22.000.000
(1.025.000)
165.970.000
107.225.000
(12.500.000)

105.000.000
0





















38.500.000
8.750.000
0
0
5.500.000



362.500.000
259.920.000
























Banking dan GL   :  A

TANGGAL
TRANSAKSI
MODUL
02 / 07 / 2009
Perusahaan membayar gaji seluruh karyawan sebesar Rp. 37.000.000

05 / 07 / 2009
Tn. X menyetorkan uangnya kedalam perusahaan untuk tambahan modal perusahaan sebesar Rp. 100.000.000 melalui Bank HSBC..

08 / 07 / 2009
Perusahaan mengisi kas kecil / kas ditangan untuk bulan ini sebesar Rp. 1.750.000.

11 / 07 / 2009
Perusahaan membayar listrik sebesar Rp. 370.000 dan telepon sebesar Rp. 650.000

15 / 07 / 2009
Perusahaan membayar langganan koran dan majalah untuk bulan ini sebesar Rp.230.000 yang diambil dari kas kecil / kas ditangan.

18 / 07 / 2009
Perusahaan menambahkan kas yang ada di Bank HSBC sebesar Rp. 12.500.000. dari rekening perusahaan yang ada di bank BCA.

20 / 07 / 2009
Perusahaan menerima hasil sewa dari salah satu kendaraan kantor yang disewakan kepada salah satu karyawannya sebesar Rp. 700.000

22 / 07 / 2009
Perusahaan membayar jasa konsultasi pajak sebesar Rp. 275.000

26 / 07 / 2009
Perusahaan menerima pembayaran bunga untuk bulan ini dari Bank BCA sebesar Rp.350.000 dan Bank HSBC sebesar  Rp. 150.000.

27 / 07 / 2009
Perusahaan membeli perlengkapan kantor untuk kebutuhan bulan ini sebesar Rp.380.000 yang diambil dari kas kecil / kas ditangan

27 / 07 / 2009
Perusahaan membayar wesel yang jatuh tempo  di Bank BCA sebesar Rp. 175.000 dan Bank HSBC sebesar Rp. 250.000.

28 / 07 / 2009
Perusahaan membeli peralatan kantor sebesar 450.000 yang diambil dari Kas Kecil / Kas ditangan

29 / 07 / 2009
Perusahaan menerima hasil sewa salah satu gedung yang disewakan oleh pihak lain untuk setahun sebesar Rp. 170.000.000.

30 / 07 / 2009
Perusahaan membayar pemasangan iklan di media cetak dengan cek Bank HSBC sebesar Rp. 1.900.000

30 / 07 / 2009
Perusahaan membayar pemasangan iklan di media elektronik dengan cek Bank HSBC sebesar Rp. 5.500.000.

31 / 07 / 2009
Perusahaan menetapkan besarnya jumlah penyusutan untuk tiap aktiva tetap bulan Oktober 2009: Mebel & Peralatan Kantor sebesar Rp. 6.500.000 dan Komputer sebesar Rp. 14.000.000


















Banking dan GL   :  B

TANGGAL
TRANSAKSI
MODUL
02 / 07 / 2009
Perusahaan mengisi kas kecil / kas ditangan untuk bulan ini sebesar Rp. 5.500.000.

04 / 07 / 2009
Tn. X menyetorkan uangnya ke dalam perusahaan untuk tambahan modal perusahaan sebesar Rp. 30.000.000 melalui bank HSBC.

06 / 07 / 2009
Perusahaan membayar listrik sebesar Rp. 350.000 dan telepon sebesar Rp. 450.000.

08 / 07 / 2009
Perusahaan membayar jasa konsultasi pajak sebesar Rp. 800.000

07 / 07 / 2009
Perusahaan membayar pemasangan iklan di media cetak Kompas sebesar Rp. 3.000.000 menggunakan kas kecil

12 / 07 / 2009
Perusahaan menerima pembayaran bunga untuk bulan ini dari Bank BCA sebesar Rp.200.000 dan Bank HSBC sebesar  Rp. 350.000.

15 / 07 / 2009
Tn. X mengambil uang dari perusahaan untuk keperluan pribadi sebesar Rp. 750.000.

17 / 07 / 2009
Perusahaan membayar wesel yang jatuh tempo  di Bank BCA sebesar Rp. 300.000 dan Bank HSBC sebesar Rp. 200.000.

19 / 07 / 2009
Perusahaan menambahkan kas yang ada di Bank HSBC sebesar Rp. 15.000.000. dari rekening perusahaan yang ada di bank BCA

22 / 07 / 2009
Perusahaan mengeluarkan biaya depresiasi Gedung sebesar Rp.6.860.000 untuk bulan Juli.

24 / 07 / 2009
Perusahaan membayar biaya resparasi dan perbaikan gedung bagian gudang yang bocor sebesar Rp. 2.000.000

25 / 07 / 2009
Perusahaan menerima hasil sewa dari salah satu kendaraan kantor yang disewakan sebesar Rp. 500.000

27 / 07 / 2009
Perusahaan menerima pembayaran sewa atas penyewaan sebuah gedung yang disewakan ke PT. Hutama sebesar Rp. 40.000.000 untuk setahun.

28 / 07 / 2009
Perusahaan membeli perlengkapan kantor untuk kebutuhan bulan ini sebesar Rp.750.000 yang diambil dari kas kecil / kas ditangan

30 / 07 / 2009
Perusahaan membayar biaya resparasi dan perbaikan kendaraan sebesar Rp. 1.500.000